Ayo Saring Ilmu Disini
buat diri anda menjadi orang-orang yang berhasil

Link Friends

Vcholis logo

Memetik Pelajaran Berharga dari Seniman Mancanegara

Label:
Memetik Pelajaran Berharga dari Seniman Mancanegara
ADA fenomena menarik yang tersaji pada perhelatan Pesta Kesenian Bali (PKB) ke-30 lalu, yakni tampilnya sejumlah kelompok kesenian dari mancanegara. Secara silih berganti, seniman-seniman dari duranegara itu mewarnai pentas PKB dengan kreativitas seni nan memukau. Ada kelompok kesenian yang menampilkan kekhasan seni-budayanya masing-masing. Namun, ada juga kelompok kesenian yang tampil penuh percaya diri lewat persembahan aneka jenis tari Bali. Keberanian mereka tampil di hadapan publik yang notabene merupakan pemilik sah dari kesenian itu jelas layak diberikan penghargaan lebih. Apalagi, penampilan mereka tidak hanya sekadar numpang lewat alias tampil asal-asalan. Namun, tampil dengan kualitas seni yang sangat terjaga.

Lihatlah, betapa ekspresifnya penari-penari bermata sipit dari Sanggar Sakura Sari, Jepang saat menarikan tari Panji Semarang, Nelayan, Teruna Jaya, Garuda Wisnu dan beragam tari Bali lainnya. Penampilan tak kalah memukaunya juga dipertontonkan oleh penari-penari Negeri Sakura yang bernaung di bawah Sanggar Basundhari dan Sanggar Wyarihita (keduanya sanggar tari yang beraktivitas di Jepang - red). Harus diakui, kepiawaian mereka menari Bali nyaris sejajar dengan penari-penari lokal Bali. Tentu saja, kepiawaian itu tidak diperoleh dengan mudah. Tidak semudah membalik telapak tangan. Namun, lewat latihan yang keras dan tekun selama bertahun-tahun.

Buah dari keseriusan mereka berlatih menari Bali itulah yang dipertontonkan di hadapan para pengunjung PKB. Hasilnya, pencinta seni di Bali pun hanya bisa terpana dan tercengang penuh perasaan takjub. Sejatinya, para penari Jepang itu telah mempersembahkan pelajaran berharga bagi generasi-generasi penerus kejayaan seni budaya Bali. Jika orang Jepang saja mau bersusah-payah berlatih seni budaya, kenapa orang Bali sendiri justru terkesan makin "menghindar" dari kesenian adiluhung warisan leluhurnya?

Dihubungi Jumat (18/7) kemarin, pengamat seni pertunjukan Bali Prof. Dr. I Wayan Dibia, M.A. dan Kepala Dinas Kebudayaan Propinsi Bali Drs. I Nyoman Nikanaya, M.M. menegaskan bahwa krama Bali wajib memetik pelajaran berharga dari keseriusan seniman-seniman mancanegara itu dalam mempelajari seni budaya Bali. Keduanya menegaskan, tidak perlu cemburu menanggapi kehadiran mereka di pentas-pentas PKB. Sebaliknya, kehadiran mereka yang begitu mempesona di pesta seni tahunan masyarakat Bali itu harus dijadikan cemeti untuk makin mengukuhkan kecintaan terhadap seni budaya Bali.

"Kalau orang asing saja begitu bersemangat mempelajari seni budaya Bali, kenapa orang Bali sendiri justru enggan melakukan hal itu? Di balik penampilan penuh pesona para penari Jepang itu, sejatinya secara tidak langsung mereka telah mengingatkan krama Bali untuk tetap mencintai, menjaga dan melestarikan seni budayanya termasuk mengembangkannya dengan penuh kesadaran. Itulah sisi-sisi positif yang harus dipetik dari kehadiran seniman-seniman mancanegara itu dalam PKB," kata Dibia dan dibenarkan oleh Nikanaya.

Dibia dan Nikanaya menambahkan, kegairahan masyarakat dunia mempelajari seni budaya Bali layak disyukuri. Bukan sebaliknya, justru ditanggapi dengan sikap antipati atau perasaan curiga yang berlebihan. Sebab, kegairahan itu membuktikan masyarakat dunia memang terpesona dengan seni budaya Bali, sehingga mereka tergerak untuk mempelajari dan mendalaminya.

"Sejatinya, bukan hanya masyarakat Jepang saja yang tergila-gila dengan seni budaya Bali. Masyarakat di belahan dunia yang lain seperti Amerika dan Eropa juga sudah tergerak untuk mendalami seni budaya Bali. Dalam konteks ini, seni budaya Bali sangat potensial menjadi kesenian yang mengglobal lantaran pencinta sekaligus pelakunya tidak hanya terkonsentrasi di Bali semata. Namun, sudah tersebar di seluruh dunia.

Seni budaya Bali, khususnya tari Bali, sangat potensial menjadi tarian dunia seperti halnya musik reggae. Dulu, musik reggae memang identik dengan musik orang-orang kulit hitam. Tetapi, sekarang reggae sudah jadi musik dunia lantaran berkembang luas di segenap belahan dunia," ujar Dibia yang mantan Ketua STSI Denpasar itu. * w. sumatika
0 komentar:

Posting Komentar

Tukeran Link

Ayo saring ilmu disini


TIPS SARING

Pesan


ShoutMix chat widget

jumlah pengunjung

iklan


Search Engine Submission - AddMe

Search Engine Optimization




Web Hosting

Rank






Followers

the of dragon

Your domain(s): Enter each address on a new line (Maximum 10)
 
(eg. iwebtool.com)    
 

Tingkatkan Traffic Blog Dengan Keyword Musiman

Meningkatkan traffic blog bisa loh dengan menggunakan dengan kata kunci musiman, contohnya sekarang di bulan oktober, berarti tuh kan kalo di amerika lagi ada yang namanya event hallowen kan? kalau kita bisa mengoptimasi kata kunci yang tepat pastinya kita bisa meningkatkan traffic blog dan kebanjiran traffic.

Coba kamu cek deh postingan ku tentang tips memilih keyword disana di jelaskan tentang bagaimana keywordyang berhubungan dengan lebaran bisa menembus angka yang luar biasa. untuk detilnya yuk kita liat bagai mana secara teknis keyword ini bisa membat kebanjiran pengunjung dan bisa meningkatkan traffic blog Google mempunyai banyak fasilitas salah satunya adalah google trend, dan yang paling baru adalaha google insight, fasilitas ini mempunyai kemampuan untuk melihat trend disuatu negara, aplikasi keduanya cukup mirip.

cuma kalau di google insight menu menu nya lebih advance, dengan adanya track dari pengunjung yang berasal dari negara mana. dari pada bingung langsung cek TKP ajah deh coba perhatikan, -/+ sama kan kayak Adword external? pasti langsung bisa gunain nya.

untuk contoh kasus saya ambil keyword ”baju gamis” dan ”Smart machine system” untuk keyword baju gamis, keyword ini meledak di bulan agustus awal dan mulai menurun pada sepember akhir (2009) dan untuk keyword ”smart machine system” mulai meledak di awal april dan mulai menurun di bulan september.

nah dengan 2 kasus di atas maka kita bisa meperkirakan kata kunci apa yang tepat di bulan bulan tertentu, misalnya mau natal kita bisa nembak kata kunci ”baju natal” atau ”kartu natal” atau mungkin ”sinterklas” juga bisa. Sekian Informasi dari saya semoga berguna buat teman teman pecinta SEO Belajar SEO , Tips Blog , Tips Search Engine

Popularity: 16% [?]

Artikel Tingkatkan Traffic Blog Dengan Keyword Musiman ini dipersembahkan oleh Belajar SEO : tips blog | tips SEO | tips search engine . Kunjungi Belajar Internet MArketing untuk informasi seputar Informasi SEO.